Danau Situ Gede Bogor

Situ Gede yang terletak di Kelurahan Situ Gede, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, adalah salah satu setu (danau) yang kini masih bisa dijumpai. Lokasi Situ Gede yang hanya berjarak sekitar 10 kilometer dari pusat Kota Bogor tersebut, sebenarnya sangat gampang dijangkau masyarakat dari luar kota.


Terletak di tepi Hutan Dramaga, yakni hutan penelitian milik Badan Litbang Kehutanan, Departemen Kehutanan, telaga yang memiliki luas sekitar 6 hektare ini merupakan tempat rekreasi harian bagi warga Bogor. Para pengunjung dapat berperahu, memancing, atau berjalan-jalan di kerimbunan hutan. Danau dan hutan ini pun kerap digunakan sebagai lokasi pembuatan film dan sinetron. Panorama hutan Cifor dengan tanaman perkebunan karet nan hijau ditunjang suasana di lokasi yang masih tenang dan asri merupakan potensi yang sangat menjual bagi promosi wisata setu ini.

Di tengah danau terdapat sebuah gundukan menyerupai pulau kecil yang banyak di huni oleh berbagai burung-burung air. Tidak jauh dari lokasi Situ Gede, terdapat pula dua buah anak danau yang merupakan bagian (include) dari Situ Gede, yaitu Situ Leutik dan Situ Panjang. Warga sekitar menyakini ketiga situ tersebut bila diamati secara seksama seperti berbentuk kujang (senjata khas masyarakat Jawa Barat).

Untuk sementara ini Situ Gede selain telah dijadikan tempat lokasi pilihan bagi warga sekitar untuk sekedar melepas kepenatan dan hiburan murah meriah bagi keluarga, danau tersebut juga berfungsi sebagai irigasi pertanian dan perkebunan masyarakat sekitarnya.

Sumber : indonesiaindonesia.com

Cari Penginapan MURAH di Bogor ???




0 comments:

Post a Comment