Taman Buaya Asam Kumbang Medan

Apabila mendengar kata buaya, bulu kuduk Anda pastinya akan langsung berdiri karena membayangkan wujud salah satu predator terbuas di alam raya itu. Buaya memang dikenal sebagai hewan pemangsa paling ditakuti dan menjadi salah satu penguasa puncak rantai makanan dalam suatu ekosistem. Akan tetapi, di obyek wisata yang satu ini, Anda tidak perlu takut lagi dengan buaya. Bahkan, buaya justru bisa menjadi hiburan yang cukup menyenangkan.

Tempat tujuan wisata yang terletak tidak jauh dari pusat Kota Medan ini bernama Taman Buaya Asam Kumbang. Nama “Asam Kumbang” diambil dari nama desa di mana tempat penangkaran buaya ini didirikan, yakni Kelurahan Asam Kumbang. Saat ini, Taman Buaya Asam Kumbang memiliki lebih dari 2.600 ekor buaya dan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang menghabiskan waktu liburan di tempat ini.

Taman Buaya Asam Kumbang sudah berdiri sejak 1959. Orang yang merintis usaha penangkaran buaya di Asam Kumbang adalah seorang warga keturunan Tionghoa bernama Lo Than Mok. Ketika pertama kali memulai tempat penangkaran buaya, Lo Than Mok hanya mempunyai 12 ekor buaya saja, yang kemudian berkembang biak hingga mencapai ribuan ekor. Sekarang, Taman Buaya Asam Kumbang dikelola oleh salah seorang keturunan Lo Than Mok yang bernama Lim Hui Cui.

Taman Buaya Asam Kumbang menempati lahan seluas kurang lebih 2 hektar. Di lahan seluas itu, berbagai jenis buaya dengan beragam ukuran dapat ditemukan di lokasi wisata ini. Dari anakan buaya yang baru saja lahir, hingga buaya tua yang telah berusia puluhan tahun. Ribuan buaya ini ditempatkan di dalam kolam-kolam kecil dan besar yang disesuaikan dengan usia hewan pemangsa tersebut.
Obyek wisata umum Taman Buaya Asam Kumbang menjadi salah satu lokasi alternatif masyarakat Medan dan sekitarnya untuk menikmati hari libur atau pada masa liburan. Ketika musim liburan tiba, pengunjung yang datang ke tempat ini bisa mencapai 300 orang setiap harinya.

Keistimewaan

Anda dipastikan akan terpuaskan jika berkunjung ke Taman Buaya Asam Kumbang. Pasalnya, lokasi wisata ini menempati areal yang sangat luas dan dilengkapi dengan berbagai kolam dalam jumlah yang cukup banyak. Di kolam-kolam itulah Anda bisa melihat ribuan buaya yang dikembangbiakkan di lokasi ini.

Demi kebaikan dan keselamatan bersama serta untuk menjaga kemungkinan agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, para pengunjung tetap diingatkan untuk selalu berhati-hati dan waspada selama berada di lokasi wisata ini. Jangan meletakkan tangan di tepi kolam atau melakukan hal-hal yang sekiranya dapat menganggu ketenangan buaya yang berada di dalam kolam.

Di Taman Buaya Asam Kumbang, Anda tidak hanya sekadar melihat buaya dari tepi kolam. Lebih dari itu, para pengunjung juga dapat turut memberi makan buaya dengan ayam atau itik yang bisa dibeli di lokasi wisata ini dengan harga Rp. 30.000,00 per ekor. Begitu mangsa dilemparkan ke tengah kolam, dalam sekejap buaya-buaya yang semula diam akan bergerak dan saling berebutan. Sungguh suatu pengalaman yang mengasyikkan dan tentu saja cukup menantang.

Selain itu, di Taman Buaya Asam Kumbang Anda juga berkesempatan untuk menyaksikan berbagai atraksi yang dilakukan oleh buaya-buaya yang sudah terlatih. Di lokasi ini, ada beberapa pawang buaya profesional yang siap mengajak hewan bergigi tajam itu untuk melakukan atraksi untuk menghibur pengunjung. Bahkan, Anda bisa meminta kepada para pawang supaya buaya-buaya tersebut bisa melakukan atraksi yang Anda inginkan.

Tidak hanya sebagai wahana hiburan semata, Taman Buaya Asam Kumbang juga bisa dijadikan sebagai obyek wisata pendidikan. Di sini, Anda bisa mempelajari seluk-beluk tentang buaya dengan segala misterinya. Selain itu, para pengunjung juga diperbolehkan untuk mengambil gambar sepuas-puasnya sehingga kenangan tak terlupakan di Taman Buaya Asam Kumbang akan selalu terabadikan.

Lokasi

Obyek wisata Taman Buaya Asam Kumbang terletak di Kelurahan Asam Kumbang, Kecamatan Medan Selayang, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara.

Akses

Taman Buaya Asam Kumbang hanya berjarak kira-kira 20 kilometer di sebelah barat Kota Medan. Biasanya, para pengunjung dari Kota Medan dan sekitarnya cukup menggunakan kendaraan pribadi untuk datang ke tempat ini. Namun, bagi Anda yang datang dari luar daerah, bisa memanfaatkan jasa transportasi umum atau menyewa kendaraan yang bisa didapatkan dengan mudah di Kota Medan untuk menuju ke Taman Buaya Asam Kumbang.

Harga

Tiket masuk ke Taman Buaya Asam Kumbang cukup terjangkau. Anda yang berusia dewasa hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 5.000,00. Sedangkan untuk anak-anak, tarif masuk ke lokasi wisata ini hanya dibanderol dengan harga Rp. 2.500,00.

Akomodasi dan Fasilitas Lainnya

Di Taman Buaya Asam Kumbang tersedia tenda-tenda yang bisa Anda gunakan untuk beristirahat sejenak sembari menikmati sejuknya udara di bawah kerindangan pohon. Sambil melepas lelah, Anda dapat membeli minuman dingin dan makanan ringan dari para pedagang yang banyak berjualan di lokasi wisata ini.

Selain itu, di Taman Buaya Asam Kumbang juga telah tersedia berbagai fasilitas umum, seperti kamar mandi, wc umum, area parkir, tempat ibadah, warung makan, dan lain sebagainya. Bagi Anda yang datang dari luar kota, Anda dapat menginap di Kota Medan yang telah menyediakan beragam jenis hotel atau penginapan dan banyak sarana publik lainnya

Sumber : Indonesia Wonder

Cari Penginapan MURAH di Medan ???



0 comments:

Post a Comment